Ini Daftar Tempat Makan Sate Kambing Terkenal; Dijamin Bikin Ketagihan!

Kuliner sate kambing tentu memiliki banyak penggemar. Dinikmati malam hari, dengan nasi putih hangat mengepul, pasti terasa sangat lezat. Daging kambing pun banyak yang mengakatakan bahwa tidak mengandung kolesterol tinggi. Sehingga aman bila dikonsumsi oleh seluruh kalangan. Sate kambing memiliki ciri khas yang bergantung dari cara membuat sate kambing tersebut. Yang pasti, kuliner sate kambing yang terkenal, rata rata sajian masakannya empuk dan tidak berbau prengus khas kambing. Nah, berikut adalah referensi tempat makan sate kambing yang ada di Jakarta dan Solo yang terkenal maknyus! Yuk kita simak!

Sate Kambing Batibul Bang Awi

Referensi pertama adalah Sate Kambing Batibul Bang Awi. Nama Batibul ini sendiri merupakan akronim dari “Bawah Tiga Bulan”. Hal ini menunjukkan bahwa daging kambing yang digunakan berasal dari kambing muda yang berusia di bawah tiga bulan. Tidak heran, sate kambing Batibul ini sangat empuk. Selain dagingnya yang empuk, kelezatan sate Batibul ini juga ditunjang dengan bumbu yang gurih dan merasuk. Sate kambing muda ini juga disajikan dengan sambal kecap yang pedas manis sehingga menambah cita rasanya.  Adapun untuk harga yang ditawarkan berkisar antara Rp. 5.000 hingga Rp. 7.000 per tusuknya bergantung jenis sate yang dipilih. Sate kambing Batibul Bang Awi ini dapat dikunjungi di daerah Manggarai Jakarta Selatan. Selamat mencoba kambing balita, eh batibul!

Sate Tegal H. Sadjim

Masih berlokasi di Jakarta, Sate Tegal H. Sadjim juga memiliki banyak pelanggan setia. Letak depotnya yang strategis di Tanah Abang, membuat banyak orang terkenal pun pernah singgah mampir makan di sana. Antara lain ada Deddy Mizwar, Anas Urbaningrum dan lain sebagainya. Sate kambing khas Tegal ini menggunakan daging kambing muda, sehingga tidak perlu diragukan lagi keempukan dagingnya. Tidak hanya menjual sate kambing saja, Sate Tegal H. Sadjim juga memiliki olahan gulai kambing, nasi goreng kambing dan juga sop kambing. Harga yang ditawarkan pun tidak menguras kantong. Rata rata menu makanan di sana memiliki harga di bawah Rp. 50.000 untuk seporsinya.

Baca Juga :  Intip Tips Sukses Fermentasi Roti Menggunakan Ragi Instan

Sate Kambing Mbok Galak

Beralih ke Solo, Solo terkenal dengan kuliner kambingnya. Banyak tempat di penjuru Solo yang menawarkan olahan kambing khas Solo. Salah satu tempat favorit baik bagi warga lokal maupun pengunjung adalah Warung Sate Kambing Mbok Galak. Walau namanya Mbok Galak, yang dalam bahasa Jawa galak berarti jahat, pelayanan di warung ini sangat ramah. Kuliner yang ditawarkan di warung ini antara lain  sate buntel, tengkleng dan juga gule. Sate buntel sendiri merupakan makanan olahan khas Solo yaitu daging kambing cincang yang sudah berbumbu kemudian dibungkus (dibuntel) dengan lemak kambing dan kemudian dibakar. Rasa dari sate buntel ini, hmmmm, lezat sekali! Lemak kambing pembungkusnya sangat menambahkan aroma dan cita rasanya. Sate kambing ini disajikan dengan sambal kecap yang diberi irisan bawang merah dan cabai rawit serta daun kol. Terakhir, sambal kecapnya ditaburi dengan lada bubuk. Kabarnya, sate kambing ini juga merupakan favorit Presiden Joko Widodo lho! Sate ini terletak ini daerah Banyuanyar, Solo.

Sate Kambing Tambak Segaran

Kuliner sate kambing di Solo yang terkenal lainnya adalah Sate Kambing Tambak Segaran. Berlokasi di daerah Tambak Segaran Solo, sate kambing ini telah melegenda di Solo. Resep sate kambing yang mereka gunakan bukan sembarangan karena sudah turun temurun sejak dua generasi di atas mereka. Warung Sate Kambing Tambak Segaran ini menyediakan sate buntel, gulai dan juga tengkleng. Yang istimewa selain sate buntelnya, mereka juga memiliki varian gulai sumsum. Sensasi gurih empuk sumsum sangat lezat walaupun mungkin penampakannya kurang menarik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *