Tips Membeli Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Menyiapkan kelahiran anak pertama memang lelah tapi menyenangkan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan mengingat belum ada sama sekali pengalaman melahirkan sebelumnya. Terutama dalam hal beli perlengkapan bayi baru lahir. Jika anda berniat melahirkan di rumah sakit, pihak rumah sakit akan memberi tahu kira-kira apa saja yang harus dibawa ke rumah sakit ketika hendak melahirkan.

Tapi jika anda ingin persiapan lebih dini, berikut ada beberapa tips membeli perlengkapan bayi baru lahir dan ibu melahirkan jelang persalinan yang harus anda sediakan :

1. Sebaiknya, belilah perlengkapan melahirkan kira-kira dua bulan sebelum anda melahirkan. Jangan terlalu mepet denga HPL. Agar masih ada waktu dan tenaga bagi ibu untuk berbelanja mencari segala keperluan melahirkan.
2. Sebelum pergi berbelanja, jangan lupa mempersiapkan catatan atau daftar belanjaan perlengkapan bayi baru lahir agar tidak salah beli.
3. Jangan terlalu banyak membeli perlengkapan dasar bayi yang baru lahir. Seperti popok ataupun baju-baju bayi. Mengingat pertumbuhan bayi yang sangat cepat. Belilah seperlunya saja.
4. Belilah bahan perlengkapan bayi baru lahir seperti handuk, popok, baju ataupun waslap yang terbuat dari bahan katun atau bahan yang lembut agar kulit bayi tidak iritasi.
5. Jika anda membeli baju bayi, pilihlah yang berkancing depan dengan ukuran yang lebih besar. Agar anda lebih mudah untuk memakaikan dan ukurannya tidak cepat kekecilan.
6. Setelah dibeli, segera cuci semua perlengkapan bayi baru lahir dengan detergen khusus bayi, keringkan, setrika tanpa pewangi, lalu simpan di tempat yan bersih dan bebas dari bakteri.

perlengkapan bayi baru lahir
perlengkapan bayi baru lahir

Setelah anda mengetahui tips apa saja mengenai perlengkapan bayi menjelang persalinan, anda juga harus mengerti. Apa saja yang harus dibeli terkait dengan perlengkapan persalinan. Berikut daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli:

Baca Juga :  3 Obat Sakti untuk Menyembuhkan Eksim pada Kulitmu

1. Popok
2. Baju bayi
3. Perlak alas tahan air
4. Celana bayi pendek
5. Celana bayi panjang
6. Waslap
7. Bedong bayi
8. Topi bayi
9. Bantal, guling dan kasur bayi
10. Kelambu
11. Selumut
12. Perlengkapan mandi seperti sabun, sampo, minyak telon, bedak, handuk dan bak mandi
13. Kain kasa untuk membungkus pusar bayi yang belum lepas
14. Gendongan bayi
15. Tas bayi untuk dipakai menyimpan barang saat bepergian
16. Perabot kamar bayi
17. Cotton buds

Tips Membeli Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Selain perlengkapan bayi baru lahir, anda juga harus menyiapkan perlengkapan ibu yang melahirkan. Ada banyak daftar perlengkapan ibu yang akan melahirkan yang wajib ada untuk dibawa ke rumah sakit seperti:

1. Kain panjang
2. Pembalut bersalin
3. Handuk untuk mandi setelah melahirkan
4. Gurita ibu
5. Perlengkapan mandi seperti sabun, sampo, dan lainnya
6. Kendil yang akan digunakan untuk menyimpan ari-ari bayi
7. Baju ganti sesuai kebutuhan
8. Sandal jepit untuk digunakan di rumah sakit

Itulah beberapa perlengkapan bayi baru lahir beserta perlengkapan ibunya. Semua daftar di atas harus dibeli sebelum bayi dilahirkan. Usahakan untuk membeli perlengkapan bayi jangan terlalu mepet dengan HPL. Karena ada beberapa ibu hamil yang melahirkan bayinya di usia 7 atau 8 bulan. Hanya untuk sekedar berjaga-jaga saja. Jangan sampai bayi lahir perlengkapan belum ada.

Lalu apa saja yang harus dibawa ke rumah sakit? Apakah semua harus dibawa? Tentu tidak. Ada beberapa yang tidak perlu di bawa ke rumah sakit. Nanti bidan atau dokter akan memberi informasi daftar perlengkapan apa saja yang harus dibawa saat persalinan. Anda hanya tinggal menata dalam tas agar jika sewaktu-waktu persalinan tiba, tinggal membawa tas yang sudah berisi perlengkapan tersebut.

Baca Juga :  Tips memilih baju anak perempuan yang tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *