Info Ganjil Genap yang Harus Anda Ketahui Sekarang

Info Ganjil Genap yang Harus Anda Ketahui Sekarang. Dalam upaya mengurangi kemacetan di Jakarta, Dinas Perhubungan dan Transportasi memulai rencana penerapan ganjil genap untuk masyarakat Sekitar jakarta. 

Skema ransum lalu lintas baru dikatakan menjadi bagian dari rencana transisi yang mengarah pada pelaksanaan Electronic Road Pricing (ERP). Disini akan kami berikan Info Ganjil Genap yang perlu anda ketahui.

Peraturan nomor ganjil kini telah memasuki tahap uji coba, yang akan berlanjut hingga 26 Agustus. Aturan hanya berlaku pada hari kerja selama jam sibuk pagi dan sore hari dan di zona kemacetan kota – kendaraan akan tetap diizinkan beroperasi seperti biasa. di area non-kemacetan.

Periode jam sibuk pagi hari ditetapkan pada pukul 7 pagi hingga 10 malam, sementara pada sore hari / sore hari, akan dimulai dari 16.00 – 19:30. Untuk mematuhi peraturan baru, kendaraan dengan plat nomor yang berakhir dengan angka ganjil akan diizinkan beroperasi di zona macet pada tanggal ganjil, dan kendaraan dengan plat nomor yang diakhiri dengan nomor genap hanya akan diizinkan beroperasi di zona macet bahkan tanggal.

Pemerintah Daerah DKI Jakarta dan Kepolisian Daerah Metro Jaya akan menerapkan pembatasan kendaraan bermotor roda empat dengan sistem plat nomor ganjil. Untuk saat ini, aturan ini menggantikan tiga dalam satu aturan yang sekarang dihapus, yang berarti bahwa rentang aturan ganjil genap mengikuti tiga dalam satu area

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dari penerapan aturan ganjil-genap seperti dilansir beritasatu.com sebagai berikut:

Kapan saya harus menggunakan plat nomor ganjil dan kapan saya harus menggunakan plat nomor?

Sangat mudah, jika angka ganjil berarti pelat nomor ganjil yang diizinkan dan bahkan tanggal berarti nomor genap pun diizinkan.

Area Mana saja yang Menerapkan Ganjil Genap?

Di mana area cakupan?

Kepolisian Daerah Metro Jaya (Polda Metro Jaya) untuk sementara berlaku di wilayah-wilayah berikut: Jl. Sisingamangaraja, Jl. Sudirman, Jl. MH Thamrin, Jl. Medan Merdeka Barat, dan sebagian lagi Jl. Gatot Soebroto (antara persimpangan Senayan ke Kuningan yang ditinggikan).

Sampai kapan itu berlaku?

Aturan ini ternyata tidak 24 jam sehari. Pengaturan ganjil-genap akan diterapkan pada pukul 07.00-10.00 dan 16.00-20.00, setiap hari Senin sampai Jumat. Tidak berlaku pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional.

Kapan periode percobaan genap ini?

Uji coba ini akan berlaku mulai 27 Juli hingga 26 Agustus 2016. Setelah itu, mulai 30 Agustus 2016, aturan ini akan berlaku sepenuhnya untuk mengikat sanksi bagi pelanggar aturan.

Apakah ada pengecualian?

Tentu saja ada pengecualian, aturan ganjil-genap tidak berlaku untuk sepeda motor, kendaraan dari kelompok presidensial, wakil presiden, pejabat tinggi negara (pelat nomor Republik Indonesia), petugas pemadam kebakaran, ambulans, transportasi umum (pelat kuning), transportasi barang yang mendapat dispensasi, dan kendaraan dengan plat servis.

Apakah sanksi melanggar aturan aneh-genap ini?

Tentu saja ada hukuman, masing-masing pelanggaran akan mendapat surat merah dari polisi, dan nomor kendaraan pelanggar akan didokumentasikan. Melalui masa percobaan, pelanggaran akan mendapatkan bukti adanya pelanggaran atau tiket dan diproses sesuai hukum.

Polisi juga memperingatkan pengemudi untuk tidak menipu aturan dengan plat nomor palsu. Jika diketahui, apakah masa percobaan atau tidak, pengemudi akan dikenakan hukuman penjara dua bulan atau denda maksimal Rp500.000. Untuk anda yang ingin mengetahui rute mana saja yang menerapkan ganjil genap, maka anda perlu melihat di rute ganjil genap.

Baca Juga :  Jual Motor: Review Suzuki Bandit 150

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *