Kebijakan Jam Ganjil Genap untuk Wilayah Jakarta Terupdate

Kebijakan Jam Ganjil Genap untuk Wilayah Jakarta Terupdate

Ganjil genap merupakan salah satu kebijakan daerah yang dikeluarkan guna mentertibkan lalu lintas dan mengatasi masalah kemacetan pada kondudi tertentu. Sobat semua pasti sudah tau kan aturan kebijakan ini? Yupz, benar !

Aturan ganjil genap berarti kendaraan pribadi beroda empat yang bernomor ganjil hanya bisa beroperasi dalam kawasan ganjil genap pada tanggal – tanggal ganjil saja, sebaliknya kendaraan bernomor genap boleh beroperasi dalam rute ganjil genap pada tanggal -tanggal genap saja. Pembatasan lalu lintas dengan sistem ini tertera dalam peraturan gubernur nomor 106 tahun 2018, peraturan ini hanya mengalami perubahan berupa perluasan wilayah sejak adanya acara ASIAN games dan ASIAN para games yang diselenggarakan di Indonesia, tak lain tujuannya adalah mempermudah mobilitas para atlet dan kendaraan official yang berpartisipasi, mengingat kota Jakarta menjadi tuan rumah selain Palembang padahal kita semua tau, Ibu kota negeri tercinta kita ini bermasalah dengan kemacetan lalu lintasnya.

Singkat cerita demi suksesnya perhelatan akbar ASEAN games dan ASEAN paragames maka kebijakan ini diberlakukan oleh PemRov DKI Jakarta, adapun penerapannya adalah selama penyelenggaraan acara berlangsung sistem lalu lintas ganjil genap berlaku setiap hari.

Berdasarkan keputusan awal, pemberlakuan aturan ini akan berahir seiring berahirnya kedua acara bertaraf Internasional itu, akan tetapi karena dianggap efektif mengatasi kemacetan di Ibu kota, juga menjadikan tertatanya jumlah kendaraan pribadi bebas berlalu lalang dan pertimbangan – pertimbangan lainnya makaberdasar PerGub yang ditanda tangani oleh gubernur Anies Baswedan kebijakan pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil genap diperpanjang sampai Desember 2018, jadi meskipun acara Asean para games telah selesai, tapi peraturan ini masih berlanjut.

Adakah perbedaannya?

Baca Juga :  Simak Rute Ganjil Genap Terbaru Yuk !

Iya tentu ada, jika sewaktu acara Asean games dan Asean para games aturan ganjil genap berlangsung setiap hari maka pada perpanjangan waktu ini sistem ganjil genap berlaku setiap hari senin sampai jumat, adapun hari sabtu ahad dan hari-hari libur nasional, ganjil genap tidak diterapkan. Mau tau jamberlakunya ganjil genap?Jam ganjil genap setiap pagi mulai jam 06.00 – 10.00 WIB, sedangkan jam malam mulai pukul 16.00 –20.00 WIB.

Nah sudah jelas kan?

Jam Ganjil Genap

Aturan ganjil genap ini hanya berlaku untuk mobil pribadi, adapun kendaraan – kendaraan yang akan saya sebutkan ini tidak akan terkena sanksi jika melanggar, karena memang kendaraan berikut dibedakan dari aturan ganjil genap, yaitu :

  • Kendaraan pejabat tinggi
  • Kebdaraan tamu negara
  • Kendaraan berplat merah
  • Mobil ambulance
  • Mobil pemadam kebakaran
  • Kendaraan pertolongan kecelakaan lalu lintas
  • Kendaraan angkutan umum
  • Sepeda motor
  • Kendaraan husus yang dipertimbangkan seperti kendaraan yang membawa sejumlah uang dalam jumlah besar dari BANK yang dikawal polisi.

Aturan dibuat untuk ditaati karena itu bagi yang melanggar Pemrov DKI Jakarta dan Ditlantas Polda Metro Jaya telah menyiapkan sanksi, jadi bagu sobat yang tidak ingin terkeba sanksi maka patuhilah peraturan, jika memang tidak memungkinkan maka jalur alternatif bisa jadi pilihan selain menjatuhkan pilihan pada kendaraan umum. Sobat mau tahu sanksi dari peraturan ini?

Nah ini dia…

  1. Sanksi Slip Biru

Sanksi jenis ini tidak perlu menjalani sidang, cukup membayar denda maximal Rp 500 ribu.

  1. Sanksi Slip Merah

Untuk jenis ini pelanggar bisa mengajukan banding jika tidak terima dan otomatis diselesaikan dalam proses sidang.

Nah sobat, semoga ulasan nya bermanfaat ^_^

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *