Intip Tips Sukses Fermentasi Roti Menggunakan Ragi Instan

 

Salah satu langkah yang paling menegangkan dari proses membuat roti sendiri adalah saat proses fermentasi. Pada proses ini sangat menentukan apakah adonan roti kita sukses mengembang atau justru gagal dan berakhir dengan bentuk yang bantat.  Proses fermentasi dari pembuatan roti yang paling banyak digunakan adalah dengan menggunakan ragi instan. Ada banyak hal yang memengaruhi keberhasilan dari proses fermentasi ini. Salah satunya adalah dari kualitas ragi. Pastikan, Anda memahami betul kualitas ragi yang Anda beli. Anda bisa membaca rekomendasi merek ragi melalui tautan https://review.bukalapak.com/food/merk-ragi-111661. Nah, selain itu, ada beberapa tips yang juga memengaruhi keberhasilan fermentasi ini. Yuk kita simak artikel berikut.

ragi instan

Intip Tips Sukses Fermentasi Roti Menggunakan Ragi Instan

Pastikan ragi yang digunakan masih aktif

Salah satu hal yang wajib kita pastikan di awal adalah kualitas ragi. Pertama, pastikan yang Anda gunakan memang ragi untuk roti, bukan untuk produk lain seperti tempe, tapai dan lain sebagainya karena memang memang masing-masing memiliki jenis ragi sendiri. Kedua, pastikan ragi yang Anda gunakan masih aktif. Jika ragi yang digunakan sudah tidak bagus atau tidak aktif, tentu adonan tidak akan mengembang. Cara mengecek apakah ragi masih bagus atau tidak adalah dengan mencoba mencampur ragi dengan air hangat suam suam kuku. Tunggu sekitar 3 menit. Apabila keluar buih, maka bisa dipastikan ragi masih aktif.

Anda tidak perlu mengecek ragi setiap akan membuat roti. Anda perlu cek ketika ada sisa ragi yang suda lama tidak digunakan atau yang telah mendekati waktu kadaluwarsa. Cara terbaik menyimpan sisa ragi setelah digunakan adalah dengan menutup rapat kembali bungkusnya dan kemudian disimpan di kulkas.  Merk ragi instan sebenarnya tidak terlalu berpengaruh terhadap pembuatan roti, karena secara prinsip ragi untuk roti sama saja. Namun demikian, akan lebih baik jika Anda memilih ragi dalam bentuk sachet kecil dibandingkan harus membeli secara ecer yang dikemas ulang. Hal ini agar menjaga ragi tetap terjaga kualitasnya.

Baca Juga :  5 Sereal Granola Terbaik untuk Diet Sehat Sempurna

ragi instan

 Gunakan air hangat suam kuku

Seperti yang telah disinggung sedikit sebelumnya, agar ragi bisa bekerja secara optimal, diperlukan campuran cairan baik air maupun susu dengan suhu hangat. Takaran hangat ini biasa disebut suam kuku, yakni ketika tangan dicelupkan hanya terasa sedikit lebih hangat dibanding suhu tubuh manusia normal. Apabila punya termometer makanan, boleh diatur hingga suhu sekitar 40 derajat celcius. Dengan suhu tersebut, dijamin adonan akan mengembang cantik. Pastikan suhu cairan tidak terlalu panas karena justru akan membuat ragi mati, sedangkan apabila kurang hangat, adonan akan lama mengembang.

Jangan mencampur ragi dan garam bersamaan

Hal yang perlu Anda ketahui adalah musuh ragi ternyata garam. Kebalikannya, pemberian gula bersamaan dengan ragi akan membuat ragi lebih aktif sebagaimana bila ragi bertemu dengan air hangat. Mencampur ragi dan garam secara langsung akan membuat ragi mati dan tidak aktif. Namun masih boleh mencampur dalam satu wadah yang sama tapi pastikan antara ragi dan garam tidak langsung bertemu sebelum pengulenan. Salah satu cara yang bisa Anda gunakan saat ingin menambahkan garam pada adonan adalah dengan mencampur dahulu bahan lain seperti tepung, gula, telur, air hangat dan ragi kemudian diuleni. Kemudian baru tambahkan garam bersama campuran lain seperti misal mentega. Dengan begini, garam tidak bercampur langsung dengan ragi.

Letakkan adonan di tempat hangat

Agar ragi bekerja optimal, adonan perlu diletakkan di tempat yang hangat dan cenderung lembab. Anda bisa mengakali hal ini dengan beberapa cara. Pertama dengan membungkus adonan dengan selembar kain bersih yang dicelup ke air hangat kemudian diperas. Cara ke dua, Anda bisa mendekatkan adonan ke dekat kompor yang sedang menyala. Cara ke tiga adalah dengan meletakkan adonan ke dalam oven dalam suhu terendahnya.

Baca Juga :  Ini Daftar Tempat Makan Sate Kambing Terkenal; Dijamin Bikin Ketagihan!

Itu dia beberapa tips agar adonan roti sukses mengembang. Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *