Ragam Manfaat Sarapan Pagi yang Kerap Ditinggalkan!

Pada umumnya, orang-orang sangat sibuk di pagi hari sehingga kerap meninggalkan sarapan pagi. Hal ini sebenarnya sangat disayangkan karena sarapan pagi punya banyak manfaat dan penting bagi metabolisme tubuh.

Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan. Menurut penelitian, para ahli sepakat bahwa energi terbesar untuk menjalani aktivitas sehari-hari didapatkan dari sarapan pagi. Oleh sebab itu tak heran jika kamu melewatkan sarapan, maka kamu akan cenderung sangat lapar di jam makan siang. Hal ini kemudian menimbulkan konsumsi berlebih pada saat makan siang dan pada akhirnya akan membuatmu mengantuk karena terlalu kenyang.

Oleh sebab itu banyak orang tua yang kemudian menyiapkan sarapan pagi untuk anak-anaknya. Nah untuk alasan lebih lanjut, yuk simak penjelasan berikut ini!

  • Sumber energi untuk memulai hari

Karena energi terbesar untuk menjalani aktivitas didapatkan dari sarapan pagi, maka tak heran jika kemudian sarapan dijadikan sumber energi untuk memulai hari. Adapun sumber energi yang disarankan untuk asupan pagi setelah berjam-jam pada malam hari antara lain adalah telur, ikan, ayam, nasi, roti, sereal atau oatmeal, dan buah-buahan. Kamu juga bisa menambah sayur-sayuran atau suplemen jika memang diperlukan.

  • Menekan makan berlebih

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa orang yang melewatkan sarapan pagi cenderung akan makan lebih banyak saat makan siang. Maka tak heran jika orang yang sedang dalam program diet tak disarankan untuk melakukan hal ini.

sarapan pagi

Hal tersebut dikarenakan sarapan pagi yang dilewatkan akan membuatmu makan berlebih karena kamu akan merasa sangat lapar saat siang hari. Karena asupan berlebih inilah tubuh kemudian mengalami peningkatan kadar gula darah dan kamu akan ngantuk atau bahkan pusing setelahnya.

  • Mencegah kenaikan berat badan berlebih

Saat seseorang melupakan sarapan, selain cenderung makan sangat banyak saat makan siang, kamu juga cenderung akan mengemil makanan manis atau asin. Selain itu, kamu juga akan minum minuman yang mengandung gula.

Baca Juga :  5 Suplemen Asam Folat Terbaik untuk Ibu Hamil

Makanan yang masuk tidak pada waktunya tersebut hanya akan menumpuk dan menghasilkan lemak berlebih. Sehingga tak heran jika kemudian kamu akan mengalami kenaikan berat badan bahkan cenderung mengalami berat badan berlebih.

  • Meningkatkan kerja otak

Manfaat lain dari melakukan sarapan pagi adalah, kamu akan merasakan keterampilan kognitif otak, dari konsentrasi yang kamu lakukan punya tingkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan. Hal ini dikarenakan pada pagi hari, otak membutuhkan glukosa dari makanan untuk memproses memori, dan tubuh membutuhkan karbohidrat yang cukup untuk memulai hari.

sarapan pagi 1

Jadi dapat disimpulkan bahwa jika kamu tidak sarapan maka hal tersebut akan berimbas pada penurunan kemampuan otak dan terganggunya metabolisme tubuhmu.

Demikianlah beberapa manfaat dari sarapan yang seharusnya tidak kamu lewatkan. Meskipun sedikit, kamu harus tetap menyempatkan sarapan agar kemampuan memori dan metabolisme tubuhmu tidak terganggu ya! Nah selain manfaat di atas, sarapan pagi yang rutin dilakukan juga akan menghindarkanmu dari beragam penyakit loh.

Penyakit seperti halnya asam lambung dan diabetes akan bisa dihindari dengan melakukan sarapan ini. Penyakit asam lambung disebabkan karena lambung yang sangat lama tak terisi yakni saat malam hari ditambah dengan beberapa jam hingga makan siang. Adapun penyakit diabetes karena kelebihan asupan glukosa saat makan siang.

Untuk info lebih lengkapnya, kamu bisa klik di sini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *