Begini Cara Membuat Foto Siluet Indah Hanya Dengan Ponsel

Perkembangan teknologi kamera handphone membuat tren fotografi pun meningkat. Meskipun hanya bermodalkan kamera ponsel, jika pengguna mengerti tips cara menggunakan kamera ponsel dengan baik, maka hasilnya pun tidak kalah dengan bidikan kamera profesional. Salah satu jenis foto yang banyak diminati adalah siluet.

Foto siluet sendiri bisa dideskripsikan secara sederhana sebagai foto dengan objek yang berwarna hitam dan background yang bercahaya temaram. Sebagai contoh mudah foto siluet adalah foto sunset atau sunrise dengan objek gambar orang berwarna hitam. Nah, untuk menghasilkan foto siluet ini, juga bisa menggunakan ponsel. Berikut cara membuat foto siluet bermodalkan kamera smartphone.

siluet

Begini Cara Membuat Foto Siluet Indah Hanya Dengan Ponsel

Flash kamera dimatikan

Yang perlu dipahami, untuk membuat foto siluet memang hanya butuh cahaya yang temaram. Oleh karena itu, pastikan Anda telah mematikan fitur flash pada kamera smartphone Anda. Jika Anda tidak mematikan flash, maka foto yang diambil tidak ubahnya foto biasa, karena tujuan utama kita adalah membuat objek utama tetap gelap.

Rendahkan ISO

Dalam pengaturan ISO, atur ISO pada angka paling kecil. Anda bisa menggunakan ISO 50 jika ingin hasil yang sangat gelap. Namun, ISO bisa ditingkatkan jika Anda menginginkan adanya sedikit efek cerah.

Atur Fokus

Jika ponsel Anda dibekali fitur auto fokus, maka akan lebih mudah diatur. Kalau Anda memilih foto siluet tanpa objek yang spesifik, fokuskan pada matahari atau sumber cahayanya. Kebalikannya, jika Anda memiliki objek foto yang spesifik, fokuskan pada objek. Namun, apabila cahaya yang Anda inginkan kurang gelap, maka Anda tetap bisa memilih fokus pada sumber cahaya.

Tentukan Posisi Cahaya

Posisi sumber cahaya sangat penting dalam menentukan kesuksesan pembuatan foto siluet. Pastikan objek membelakangi arah cahaya (backlight). Posisi ini membuat objek akan kekurangan cahaya sehingga efek siluet pun timbul. Jika kamera ponsel Anda tidak bisa diatur ISO dan auto fokusnya, maka posisi ponsel sangat menentukan keberhasilan foto siluet Anda. Caranya, posisikan ponsel menghadap ke sumber cahaya, dan posisikan ponsel sedikit menunduk. Posisi ini terus dicoba dan dicari hingga menemukan yang pas.

Baca Juga :  7 Rekomendasi Gitar Akustik yang Murah untuk Pemula

Pintar Pilih Background

Background menentukan hasil akhir dari foto siluet. Background yang menarik untuk foto siluet adalah background yang terang. Tentunya jika background yang diambil gelap, maka tidak akan terbentuk foto siluet.

siluet

Pilih objek yang tegas

Meski semua objek bisa dibuat menjadi foto siluet, tetapi akan jauh lebih menarik jika foto siluet menggunakan objek yang tegas dan berkarakter kuat. Hal ini membuat hasil foto akan lebih mudah dikenali dalam bentuk dua dimensi. Foto siluet tidak bisa menampilkan warna dan tekstur, oleh karena itu, garis tegas dari objek akan menjadi penentu ciri objek tersebut. Tentunya akan membuat penikmat bidikan kamera Anda lebih menyukai hasil foto itu.

Lakukan penyuntingan gambar

Penyuntingan atau proses edit tetap perlu dilakukan. Olah digital ini berperan penting agar foto yang dihasilkan lebih tampak estetik. Sebaik apa pun kamera ponsel Anda, akan tetap lebih sempurna foto apabila dilakukan sedikit sentuhan edit. Pada proses ini, Anda dapat mengatur gelap terang dari foto sekaligus membuat efek siluet lebih kentara. Namun tetap diingat, menyunting foto ini tidak boleh dilakukan berlebihan agar foto tetap terlihat alami.

Rajin Berlatih

Tips terakhir, semakin sering Anda berlatih, maka akan semakin bagus hasil bidikan Anda. Tidak perlu ragu berkreasi dan apabila sering dilakukan, maka Anda akan semakin memahami teknik foto siluet ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *